Apa Itu Bandwidth? Semua yang Harus Anda Ketahui  

Lain - lain

Apa Itu Bandwidth? Semua yang Harus Anda Ketahui

Postoleh herasusan »

Jika Anda menggunakan Internet secara teratur, Anda pernah mendengar istilah "bandwidth" sebelumnya. Biasanya dalam konteks tidak memiliki cukup atau kurang dari sehari sebelumnya. Tapi apa itu, dan bagaimana bisa secepat seperti sekarang?

Apa Itu Bandwidth?
Intinya, bandwidth adalah kecepatan di mana kabel dapat mengirimkan data pada output maksimum. Semua jenis kabel memiliki bandwidth, tetapi Anda lebih cenderung mendengar istilah seputar layanan Internet. Bandwidth itu sendiri bukan merupakan pengukuran kecepatan, tetapi merupakan jumlah kecepatan maksimum yang dapat dicapai. Ini seperti bagaimana ruang kargo total sebuah truk bukan merupakan ukuran dari seberapa banyak muatan yang diangkutnya pada saat itu, tetapi suatu representasi dari maksimum yang dapat diangkutnya.

Ada beberapa elemen yang menentukan berapa banyak bandwidth internet yang Anda miliki. Pertama, bandwidth Anda ditentukan oleh koneksi ke rumah Anda. Semakin cepat koneksi Anda dapat mengirimkan data, semakin banyak bandwidth yang Anda miliki. Misalnya, orang yang menggunakan koneksi serat optik akan memiliki kecepatan lebih cepat daripada seseorang dengan kabel tembaga, karena serat optik secara alami mentransmisikan data lebih cepat.

Ini juga tergantung pada penyedia layanan internet (ISP) yang memberikan Internet. Dua perusahaan dapat menyediakan koneksi serat optik ke dua rumah di samping satu sama lain, dan satu rumah dapat mengalami kecepatan lebih cepat daripada yang lain.

Akhirnya, bandwidth yang Anda alami di perangkat Anda tergantung pada siapa lagi yang ada di jaringan Anda. Jika Anda memiliki kecepatan unduh 50mbps, itulah total bandwidth yang dikirimkan ke router Anda. Ketika seseorang bergabung dengan jaringan, mereka mengambil "irisan" dari bandwidth ini ketika mereka menjelajah. Jika hanya Anda, Anda mendapatkan seluruh jumlah - karena semakin banyak orang bergabung, Anda akan melihat kecepatan Anda menurun saat pengguna lain mengunduh file dan memainkan game online.

Bagaimana Bandwidth Berkembang?
Ketika Internet tersedia secara massal untuk umum, mereka harus menggunakan apa yang disebut "dial-up." Disebut ini karena menggunakan saluran telepon untuk mengakses Internet. Jika seseorang menggunakan Internet, Anda tidak dapat menggunakan telepon. Internet juga tidak terlalu cepat; itu mengunduh file di sekitar 56 kbps. Ya, itu kilobit dan bukan megabit yang ditemukan dalam kecepatan Internet saat ini!

Akhirnya, penyedia internet meluncurkan broadband. Itu memiliki saluran terpisah untuk Internet, membebaskan ponsel dari harus menanganinya. Ini juga meningkatkan kecepatan dengan cukup banyak; kecepatan broadband awal bisa mencapai 500 kbps. Ini memungkinkan situs web seperti YouTube untuk tumbuh, karena bandwidth cukup untuk melakukan streaming video dalam jumlah besar.

Selanjutnya, serat optik datang. Ini mendapatkan namanya karena metode baru dalam mentransmisikan data: light. Balok cahaya melaju lebih cepat dari listrik, yang mempercepat koneksi broadband menjadi sekitar 50mbps untuk pengguna rumahan. Inilah yang broadband sangat cepat gunakan saat ini dan merupakan cara tercepat untuk menyediakan Internet pada saat penulisan.

Apa itu Bandwidth Throttling?
Jika Anda pernah mengalami pelambatan bandwidth, Anda akan tahu betapa menjengkelkannya itu. Throttling adalah ketika ISP sengaja mengurangi kecepatan koneksi ke router Anda. Biasanya, ini dilakukan setelah Anda membahas batasan data tertentu yang tercantum dalam kontrak Anda, dan ISP memperlambat Anda untuk memberi ruang bagi pengguna lain. Ini menghasilkan kecepatan unduhan yang jauh lebih lambat untuk Anda hingga periode tutup data berikutnya - biasanya bulan berikutnya.

Ketika bandwidth Anda dibatasi, ada sedikit yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kecepatan Anda kembali. Selama Anda bergantung pada ISP Anda untuk mendapatkan Internet Anda, Anda tidak bisa mengendurkan gas. Orang-orang yang terkekang mungkin ingin mengatur hotspot seluler di ponsel mereka dan menggunakan data 4G mereka.

Bandwidth adalah elemen penting dari Internet, tetapi tidak terlalu jelas. Ini terkait dengan kecepatan yang diterima perangkat Anda dari koneksi, apakah semuanya atau berbagi dan lamban.
herasusan
 
Post: 1
Bergabung: Rab Agt 12, 2020 12:04 am

Kembali ke Lain - lain

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu